Membantu anak Anda dalam Pengambilan Keputusan Jurusan

Membantu anak Anda dalam Pengambilan Keputusan Jurusan

73
0
SHARE

Anda bisa membantu anak Anda dalam mengambil keputusan jurusan yang akan diambil jika mengetahui karakteristik yang dimiliki anak Anda saat mengambil keputusan. Paling tidak ada delapan (8) karakteristik yang anak Anda miliki saat mengambil keputusan. Ketahui setiap karakteristik ini sehingga Anda dapat memberikan bantuan yang memang dibutuhkan untuk anak Anda dan bukannya malah dianggap mengganggu.

1. Mencari Informasi

Dalam mencari informasi, ada anak yang dapat melakukannya sendiri tetapi ada juga anak yang memerlukan bantuan. Ada baiknya Anda mengetahui kecenderungan anak Anda sehingga dapat membantu mereka.

2. Jumlah Informasi

Ada anakĀ  yang dapat mengambil keputusan hanya berdasarkan sedikit informasi. Namun, ada yang harus mendapatkan informasi yang sangat lengkap sebelum mengambil keputusan. Ketahui kecenderungan anak Anda sehingga dapat memberikan bantuan yang sesuai.

3. Keputusan Mandiri

Ada anak yang memang mampu mengambil keputusan tanpa bantuan orang lain. Sebaliknya, ada anak yang memang membutuhkan bantuan orang lain untuk mengambil keputusan termasuk keputusan tentang jurusan yang akan diambil.

4. Dasar Pengambilan Keputusan

Ada anak yang mengambil keputusan berdasar pertimbangan logis. Mereka membandingkan kekuatan dan kelemahan dari tiap jurusan sebelum mengambil keputusan.Akan tetapi, ada anak yang mengambil keputusan hanya berdasarkan perasaan saja. Cari informasi tentang dasar pengambilan keputusan anak Anda sehingga dapat memberikan bantuan yang tepat.

5. Menguji Informasi

Ada anak yang sangat mudah menerima kebenaran suatu informasi. Jadi mereka merasa semua informasi yang diterima benar tanpa merasa perlu menguji kebenarannya. Sebaliknya, ada anak yang senantiasa ingin memeriksa kebenaran suatu informasi. Kecenderungan anak Anda dalam hal ini akan sangat menentukan bantuan yang sebaiknya Anda berikan.

6. Kecepatan Pengambilan Keputusan

Ada anak yang memang cepat sekali dalam mengambil keputusan. Mereka dapat segera membuat keputusan saat sedang berdiskusi dengan Anda. Namun, ada anak yang ingin melakukan banyak pertimbangan dan berusaha melihat dari banyak sisi sebelum mengambil keputusan. Anda sebaiknya mengerti kecenderungan anak Anda dalam hal ini sebelum memberikan bantuan.

7. Mengubah Keputusan

Ada anak yang mudah sekali mengubah keputusan yang sudah dibuat. Sebaliknya, ada anak yang memang sulit bahkan terlihat tidak mungkin mengubah keputusan yang sudah dibuat. Ketahui kecenderungan anak Anda dalam aspek ini supaya dapat memberikan bantuan optimal.

8. Keinginan Segera Mengambil Keputusan

Ada anak yang cenderung menunda mengambil keputusan selama mungkin. Bahkan, mereka berharap tidak harus mengambil keputusan. Namun, ada anak yang ingin mengambil keputusan sesegera mungkin. Ada baiknya Anda mengetahui kecenderungan anak Anda untuk dapat mengambil keputusan dengan lebih baik.

Anda sekarang sudah mengerti delapan karaktersitik anak Anda dalam mengambil keputusan, termasuk pengambilan keputusan mengenai jurusan. Anda dapat mengambil TPPT Jurusan Anak untuk mengetahui karakteristik anak Anda dengan lebih detail sehingga dapat lebih tepat dalam memberikan bantuan kepada mereka. Atau, Anda dapat mengambil TPPT Penjurusan untuk mengetahui kecenderungan Anda sebagai remaja.

Temukan yang dapat kami lakukan untuk membantu Anda memlih jurusan yang tepat. Pilih Penjurusan Anak untuk usia 8 tahun ke bawah atau pilih Penjurusan untuk usia 9 tahun ke atas.

LEAVE A REPLY