Membantu anak Anda mencari Informasi Jurusan

Membantu anak Anda mencari Informasi Jurusan

78
0
SHARE
Close up of father holding his daughter hand, so sweet,family time.

Anda dapat membantu anak Anda dalam mencari informasi mengenai jurusan yang harus mereka ambil. Tentu saja, bentuk informasi dapat berbeda untuk setiap anak.

Di dalam menentukan jurusan yang akan diambil biasanya ada tiga (3) kelompok informasi yang ingin didapatkan, yaitu:

  1. Mengerti profesi pilihan yang akan diambil, informasi yang ingin diperoleh yaitu: apa yang sebenarnya dikerjakan oleh profesi ini dan penghasilan dari profesi ini.
  2. Mengerti Fakultas dan Jurusan S1 yang harus diambil untuk bisa memiliki profesi yang diinginkan, informasi yang ingin diperoleh yaitu: apa saja yang dipelajari dan berapa biaya kuliah.
  3. Mengerti Penjurusan di SMP dan di SMU untuk bisa memiliki profesi pilihan.

Dari tiga (3) informasi ini diharapkan keputusan mengenai jurusan yang akan diambil bisa dibuat. Informasi di atas biasanya dapat dicari dengan relative mudah. Bahkan, pihak sekolah biasanya mempersiapkan informasi tersebut.  Namun, setiap anak perlu beberapa tambahan informasi berbeda untuk memperlengkapi informasi di atas yang seringkali memerlukan usaha khusus untuk mendapatkannya.

Berikut adalah lima (5) informasi tambahan yang dibutuhkan anak Anda untuk dapat mengambil keputusan dengan lebih baik.

1. Berkaitan dengan Cita-cita

Ada anak yang sudah memiliki cita-cita sehingga pemilihan jurusan lebih mudah untuk dilakukan karena hanya tinggal disesuaikan dengan cita-cita yang sudah dimiliki. Sebaliknya, ada anak yang belum memiliki cita-cita. Akibatnya, pemilihan jurusan ini harus didahului dengan menentukan cita-cita terlebih dahulu. Akibatnya, lebih banyak informasi yang harus diperlukan.

2. Manfaat Jurusan

Sebagian anak lebih berfokus pada manfaat saat ini. Akibatnya, mereka tidak terlalu melihat prospek dari suatu pilihan jurusan di masa depan. Sebaliknya, ada yang lebih berfokus ke masa depan sehingga lebih tertarik ke manfaat jurusan di masa yang akan datang. Kedua kecenderungan ini memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing.

3. Jenis Informasi

Ada anak yang lebih tertarik pada Gambaran Besar sehingga cenderung melupakan atau mengabaikan detail. Mereka biasanya cukup puas mendapatkan informasi yang tidak detail. Sebaliknya, ada anak yang fokus pada detail sehingga membutuhkan informasi yang terperinci.

4. Pengaruh orang terdekat

Ada anak yang benar-benar ingin mengambil jurusan yang sama dengan yang dipilih oleh orang-orang terdekat mereka. Jadi informasi yang diperlukan bukan pada jurusannya tetapi pada siapa yang mengambil jurusan tersebut. Sebaliknya, ada anak yang memang ingin mendapatkan banyak informasi tentang keunggulan dan kelemahan dari masing-masing jurusan.

 

5. Sudut Pandang

Ada anak yang memiliki sudut pandang subyektif sehingga mengambil pilihan hanya berdasarkan yang disenangi. Saat sudah senang, mereka tidak akan membutuhkan informasi apapun. Sebaliknya, ada anak yang memang membutuhkan banyak informasi, jika perlu dari sumber yang bertentangan untuk mendapatkan informai yang obyektif.

Anda akan dapat membantu anak Anda dengan lebih baik saat mengerti kecenderungan mereka sehingga dapat membantu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan bukan hanya yang mereka inginkan.

Anda dapat mengambil TPPT Jurusan Anak untuk mengetahui karakteristik anak Anda dengan lebih detail sehingga dapat lebih tepat dalam memberikan bantuan kepada mereka. Atau, Anda dapat mengambil TPPT Penjurusan untuk mengetahui kecenderungan Anda sebagai remaja.

Temukan yang dapat kami lakukan untuk membantu Anda memlih jurusan yang tepat. Pilih Penjurusan Anak untuk usia 8 tahun ke bawah atau pilih Penjurusan untuk usia 9 tahun ke atas.

LEAVE A REPLY