4 Akibat Orangtua Tidak Menepati Janji

4 Akibat Orangtua Tidak Menepati Janji

687
0
SHARE

Dear Parents,

Kebanyakan anak adalah “promise keeper”. Hal ini berarti ketika orang tua menjanjikan sesuatu kepada anak, maka sang anak akan ingat dan pegang janji ini sampai orang tua menepatinya. Oleh karena itu kita sebagai orang tua perlu untuk berhati-hati ketika berujar sesuatu kepada anak-anak kita. Contoh janji yang dibuat orang tua: “Weekend nanti kita akan benerang ya”. Maka biasanya anak akan ingat dan menagih janji kita pada hari Jumat atau Sabtu-nya. Jika ada suatu hal yang membuat kita tidak bisa memenuhi janji, maka orang tua sebaiknya menjelaskan alasannya dan beri pengertian pada anak, alasan dan kemungkinan re-schedule.

Sesekali tidak menepati janji akan membuat anak belajar untuk fleksibel. Asalkan orang tua wajib memberikan alasannya. Akan tetapi, orang tua sebaiknya tidak sering bahkan selalu melanggar janjinya kepada anak. Lebih baik tidak mengucapkan janji jika untuk tidak ditepati 🙂

Salam,
Sally Azaria
(True Parenting Team)
http://trueparenting.co.id/

1. Hilangnya Kepercayaan pada Orang Tua

Sering melanggar janji kepada anak akan membuat anak berpikir bahwa orang tua mereka adalah orang yang tidak bisa dipercaya. Bahkan dimungkinkan anak berpikir negatif, salah satunya misalnya bahwa ada yang lebih penting dari dirinya. Hal ini dikarenakan lebih mudah berpikir negatif terlebih dahulu, termasuk pada anak. Jika terus melanggar janji dan dibiarkan maka dapat merusak hubungan antara anak dan orang tua.

2. Berkurangnya Wibawa Orangtua

Anak menganggap orangtua sebagai panutan, orang berwibawa dan dihormati. Jika orang tua sering melanggar janji kepada anak maka anak bisa kehilangan rasa hormat pada orang tua-nya.

3. Anak Tidak Mentaati Kesepakatan

Jika orang tua sering melanggar janji kepada anak, maka anak juga dapat melakukan hal yang sama dengan berpikir bahwa “orang tua saya boleh melanggar janji, mengapa saya tidak?” Ingat prinsip bahwa anak belajar dari perbuatan orang tua kepada anak.

4. Anak Tidak Menepati Janji

Anak menganggap orangtua sebagai panutan. Jika oranag tua melanggar janji kepada anak, maka anak bisa melakukan hal yang sama tidak hanya pada keluarganya, namun juga pada teman-temannya. Tentu saja hal ini akan berdampak buruk bagi sang anak. Anak dapat tidak dipercaya oelh lingkungan teman-temannya.

Sally Azaria

Ketahui style Anda & pasangan Anda sebagai orang tua. Temukan yang dapat kami lakukan untuk membantu Anda mengetahui kecenderungan masing-masing sehingga dapat menjadi orang tua yang lebih efektif.

LEAVE A REPLY