5 Faktor Penghambat Kepercayaan Diri yang Harus Dihindari Orangtua

5 Faktor Penghambat Kepercayaan Diri yang Harus Dihindari Orangtua

318
0
SHARE

1. Kata-kata Merendahkan

Kata-kata merendahkan seperti “tidak bisa”, “bodoh”, dsb. akan membuat anak merasa bahwa dirinya adalah demikian, yang akan berdampak buruk pada kepercayaan dirinya.

2. Larangan Berlebihan

Sifat terlalu banyak melarang atau overprotektif akan menghambat kepercayaan diri anak karena anak tidak dibiarkan bereksplorasi dan memcahkan masalahnya sendiri.

3. Perbandingan Negatif

Membandingkan anak dengan anak lain yang lebih baik akan menanamkan di pikiran anak bahwa dirinya tidak bisa lebih baik dari anak lain, sehingga menurunkan kepercayaan dirinya.

4. Mengabaikan Pencapaian

Pencapaian merupakan sarana anak menjadi percaya diri dan termotivasi. Namun apabila tidak ditanggapi positif oleh orangtua, anak akan merasa pencapaiannya sia-sia dan akan kehilangan motivasi serta kepercayaan diri.

5. Menebarkan Pesimisme

Terlalu sering mengeluh atau pesimis akan menular ke anak, yang dapat membuat anak berpandangan negatif tentang hidup, menghambat atau bahkan mematikan rasa percaya dirinya.

Ketahui style Anda & pasangan Anda sebagai orang tua. Temukan yang dapat kami lakukan untuk membantu Anda mengetahui kecenderungan masing-masing sehingga dapat menjadi orang tua yang lebih efektif.

LEAVE A REPLY