7 Gejala Stress pada Anak

7 Gejala Stress pada Anak

319
0
SHARE

Stres bisa menjangkiti siapa saja termasuk anak-anak kita. Jangan buru-buru memarahi anak atau melontarkan kalimat negatif jika mereka melakukan hal yang tersebut di bawah ini ya Parents. Justru orang tua yang wajib mengajak anak bicara dari hati ke hati, menemani mereka melewati masa stres, dan galilah alasan mengapa anak bisa berperilaku seperti di bawah ini. Jika orang tua bisa menguraikan gejala stres pada anak maka mereka akan menjadi lebih berbahagia dan lebih baik. Tetap semangat menjadi orang tua hebat ya Parents, demi generasi yang lebih baik.

Salam,

Sally Azaria
(True Parenting Team)
http://trueparenting.co.id/

1. Enggan Masuk Sekolah

Kadangkala anak mendapatkan “masalah” di sekolah yang menyebabkan anak menjadi stres, bisa pelajaran di sekolah yang dirasa sukar, bisa juga teman sebangku yang mengecewakan, atau guru yang mereka kasihi memarahi ketika mereka merasa benar. Dampaknya adalah anak menjadi enggan masuk sekolah

2. Berbohong

Siapa sangka berbohong adalah salah satu gejala stres pada anak. Anak mungkin tidak sengaja menutupi sesuatu agar terhindar dari kejadian buruk menurut mereka. Misalnya, nilai test yang dibagikan di bawah standar sehingga harus remidi. Anak menjadi stres karena takut orang tua akan marah atau malas disuruh orang tua mereka belajar. Ajari anak kita untuk berani menghadapi apapun, beri pengertian bahwa tidak perlu berbohong menutupi sesuatu. Lebih baik jujur dan berkata sebenarnya, sekalipun kelihatannya buruk karena hal ini justru baik untuk mereka. Dan, dengan berbohong jutru akan memperparah keadaan.

3. Kurang Bersemangat

Salah satu gejala stres adalah kehilangan semangat. Hal ini akan terlihat sangat jelas pada anak-anak yang biasanya terlihat aktif dan ceria.

4. Memberontak

Kadangkala memberontak adalah tanda seorang anak mengalami stres. Anak menjadi tidak mau mematuhi orang tua. Oleh karena itu orang tua sebaiknya tidak langsung
memberi label negatif anak mereka jika mereka menjadi tidak patuh.

5. Senantiasa Mengeluh

Jika anak Anda senantiasa mengeluhkan sesuatu, orang tua sebaiknya waspada dan tidak langsung menghakimi anak mereka. Ajaklah berbicara dari hati ke hati apa yang membuat mereka selalu mengeluh.

6. Merasa Sakit

Anak menjadi merasa sakit (padahal tidak sakit) karena stres. Misalnya, anak menjadi tiba-tiba merasa sakit perut karena “nervous”, sang anak sedang menunggu giliran maju menampilkan sesuatu di atas panggung di depan banyak orang tidak dikenal.

7. Bertindak Berlebihan

Orang tua bisa membaca salah satu tanda stres adalah ketika mereka bertidak berlebihan, “over acting” atau tidak berbuat seperti biasanya.

Ketahui style Anda & pasangan Anda sebagai orang tua. Temukan yang dapat kami lakukan untuk membantu Anda mengetahui kecenderungan masing-masing sehingga dapat menjadi orang tua yang lebih efektif.

LEAVE A REPLY