25 Kunci Sukses Pernikahan

25 Kunci Sukses Pernikahan

360
0
SHARE

Semua orang memiliki harapan yang besar untuk memiliki pernikahan yang langgeng. Namun, kenyataannya banyak pernikahan yang berakhir tragi. Mungkin mereka belum bercerai, tetapi mereka tidak bisa lagi menikmati indahnya pernikahan.

Apa yang membuat pernikahan langgeng? Umumnya banyak pasangan diawal pernikahan mereka akan berpendapat cinta dan gairah seksual yang membuat pernikahan itu langgeng. Mereka baru menyadari ada banyak ketidakcocokan dan permasalahan ketika sudah menjalani kehidupan pernikahan. Paling tidak, ada 25 kunci untuk mempertahankan pernikahan yang berbahagia.

1. Menjaga Keintiman

Melakukan seks yang teratur dan sehat akan membuat pasangan lebih harmonis. Untuk bisa menikmati seks, kedua pasangan bisa saling mengkomunikasikan kekurangan dan keinginan pasangan ketika melakukan seks. Mereka bisa juga melakukan aktifitas yang bisa membuat pasangan lebih bersemangat seperti menambahkan role play atau mendekorasi ulang tempat tidur.

“Over time, regular sex can improve your mood, make you more patient, damp down anger, and lead to a better, more contented relationship. (For Better: How the Surprising Science of Happy Couples Can Help Your Marriage Succeed)

2.  Memberikan Pujian

Hal sederhana yang sering terlupakan adalah memberikan pujian. Padahal, pujian dapat menunjukkan rasa perhatian dan penghargaan terhadap pasangan. Pujian akan membuat hubungan menjadi lebih positif dan berfokus pada hal-hal yang baik dari pasangan.

3.  Kencan

Pasangan yang sudah lama menikah terkadang mengabaikan kencan dengan alasan kesibukan. Kencan harusnya tetap dilakukan rutin meski pun sudah lama menikah karena kencan romantis berdua bisa memperkuat ikatan cinta yang mulai merenggang.

4.  Romantis

Sesekali mengirimkan bunga atau menyelipkan pesan romantis di tas pasangan akan membuat kesan tersendiri untuknya. Sikap romantis harus menjadi bumbu di dalam perjalanan pernikahan agar pernikahan tidak terasa hambar seiring berjalannya waktu. Saat menerima tindakan romantis, pasangan akan merasa bahagia dan dihargai.

5.  Berbahagia

Jangan hanya mengharapkan pasangan membuat Anda bahagia. Hal ini akan membuat Anda tidak bahagia ketika pasangan tidak mampu membuat Anda bahagia. Mulailah dengan membuat pasangan bahagia. Maka pasangan akan membuat Anda bahagia juga. Bukan mengharapkan pasangan berubah namun belajar melihat kelebihan dan hal positif dari pasangan.

6.  Realistis

Banyak pasangan beranggapan pernikahan mereka layaknya dongeng masa kecil. Ketika pernikahan itu tidak sesuai dengan ekspetasi, mereka akan kecewa dan tidak bahagia. Realitasnya, pernikahan memerlukan perjuangan untuk mempertahankannya supaya menjadi happy ending seperti di dalam dongeng. Oleh karena itu mesti memiliki harapan yang tinggi akan pernikahan, Anda harus tetap realistis.

7.  Fleksibel

Pasangan akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Fleksibel terhadap perubahan adalah cara yang tepat untuk mempertahankan pernikahan. Tidak perlu saling menyalahkan dengan perubahan yang ada. Namun saling mengisi dan memahami perubahan akan membuat pernikahan tidak terasa membosankan dan terancam perceraian.

8.  Berusaha Menjadi yang Terbaik

Fokuskan pada pertumbuhan pribadi Anda pada hal-hal yang positif. Itu terlihat ketika Anda berusaha untuk tidak menuntut dan menekan, tapi memberi dan memahami keinginan pasangan. Pasangan akan melihat usaha Anda untuk menjadi yang terbaik. Dan hubungan pernikahan akan lebih harmonis, jauh dari pertengkaran.

9.  Mandiri

Menjadi pribadi yang mandiri akan menguntungkan buat Anda dan pasangan. Anda akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan dewasa. Pasangan akan lebih percaya dan tidak khawatir dengan kemampuan Anda. Ketergantungan diantara pasangan bisa dihindari dengan adanya kemandirian masing-masing.

10.  Pendengar yang Baik

Mendengar dan mendengarkan mempunyai arti yang berbeda. Mendengar terjadi saat pasangan hanya mendengar sambil lalu tanpa memperhatikan. Sedangkan mendengarkan terjadi ketika pasangan mendengar secara intens dengan menatap mata atau memperhatikan setiap kalimat yang Anda bicarakan. Hubungan pernikahan akan  berjalan selaras dan terhindar dari salah paham apabila pasangan mau mendengarkan dengan baik.

11.  Setuju untuk tidak Setuju

Ketidaksepakatan dalam pernikahan adalah hal yang wajar. Pasangan berhak untuk berpendapat dan wajib menerima keputusan yang sudah disepakati bersama. Ada alasan yang tepat ketika setuju akan sesuatu hal begitu pun sebaliknya tanpa harus mengunggulkan ego keduanya. Dalam banyak kasus, Anda dan pasangan harus mengambil sikap setuju untuk tidak setuju.

12.  Penerimaan

Jangan hanya fokus pada kekurangan pasangan. Hal ini akan menimbulkan sikap menuntut dan tidak menerima, yang pasti akan berujung pada penyesalan. Jadikan kekurangan pasangan menjadi kelebihan Anda. Pernikahan akan sukses apabila kedua belah pihak mau menerima dan melengkapi kekurangan masing-masing.

13.  Mengetahui Bahasa Cinta

Mengungkapkan cinta dapat dengan kata, perhatian atau pun tindakan. Setiap pasangan harus memahami bahasa cinta pasangan karena bisa saja mereka berdua memiliki bahasa cinta yang berbeda. Usahakan untuk menunjukkan cinta dengan bahasa cinta yang dimengerti oleh pasangan sehingga pasangan akan merasa dicintai dan dihargai. Mulailah dari hal-hal kecil, seperti membuatkan bekal kesukaannya atau mencium pipinya saat dia pergi ke kantor. Hal ini akan membuat pernikahan menjadi lebih bergairah dan tidak membosankan.

14.  Bertanggungjawab

Di dalam hubungan pernikahan, pasangan harus bertanggungjawab terhadap pendapat mau pun keputusannya. Sebaiknya tidak saling berdebat tanpa ujung pangkal bahkan saling menyalahkan. Belajar untuk bersikap dewasa dan bertanggungjawab terhadap setiap keputusan yang diambil meski itu akan menyakitkan atau melelahkan supaya membuat pernikahan menjadi kuat karena setiap pihak bertanggung jawab untuk kebaikan pernikahan itu sendiri.

15.  Menghormati

Menghormati pasangan berarti mampu menghargai dan menerima keadaaan dan keputusan pasangan Anda. Rasa cinta Anda dapat terlihat dari cara Anda menghormati pasangan. Hal ini akan membuat pasangan merasa dihargai dan dicintai.

16.  Tidak Mengendalikan

Ego yang tidak terkontrol akan membuat Anda ingin mengendalikan pasangan. Akibatnya, pasangan akan merasa tertekan dan tidak bahagia. Anda juga dapat belajar untuk percaya dan menghormati keinginan pasangan ini akan bisa meminimalkan keinginan untuk mengendalikan.

17.  Merayakan Berita Baik

Merayakan berita baik membuat Anda dan pasangan menghargai hal-hal baik yang terjadi dalam pernikahan. Ini merupakan hal kecil yang sering diabaikan namun sangat bermakna bila dilakukan. Kejadian buruk sekalipun akan bisa menjadi kenangan indah di kemudian hari, yang bisa Anda rayakan bersama pasangan.  

18.  Memiliki Standar yang Tinggi

Pasangan yang memiliki standar tinggi akan sulit menikmati pernikahannya karena hanya ada tuntutan. Sebaliknya ketika pasangan menerapkan standar yang lebih rendah dan mau menerima kekurangan pasangan akan lebih puas dan bersyukur atas apa yang mereka miliki.

19.  Menjaga Kedekatan dengan Keluarga dan Teman

Pernikahan tidak hanya terjadi antara suami dan istri saja namun juga dengan keluarganya. Anda tidak hanya harus menerima kekurangan dan kelebihan pasangan tetapi juga begitu juga dengan keluarganya. Anda sebaiknya tidak hanya menjaga ikatan yang mesra dengan pasangan namun juga dengan keluarga pasangan untuk membangun pernikahan yang harmonis.

20.  Semangat Seperti Awal Jatuh Cinta

Lamanya pernikahan sering membuat pasangan merasa bosan dan hambar dalam menjalani biduk rumah tangga. Anda sebaiknya berusaha membangkitkan kembali cinta mula-mula dengan cara bernostalgia akan kenangan indah atau pergi ke tempat romantis.

21.  Tidak Berusaha Mengubah Pasangan

Ketika sudah berani berkomitmen untuk hidup bersama. Suami dan istri harus bisa saling menerima kekurangan masing-masing. Tidak perlu menuntut pasangan untuk berubah karena Anda sendiri juga tidak ingin dituntut berubah. Anda sebaiknya mulail belajar untuk tidak memaksakan kehendak. Biarkan pasangan berubah karena kemauannya sendiri.

22.  Berusaha Lebih Banyak Memberi

Anda perlu berusaha untuk lebih banyak memberi tanpa mengharapkan imbalan. Anda sebaiknya tidak hanya berfokus pada apa yang akan diterima tapi lebih pada apa yang bisa Anda berikan pada pasangan. Ketulusan Anda akan terlihat dari keikhlasan dalam memberi atau melakukan sesuatu untuk pasangan.

23.  Komitmen pada Pernikahan

Komitmen adalah dasar dalam pernikahan. Ketika pernikahan mengalami rintangan, komitmen yang mampu mengingatkan untuk kembali pada tujuan pernikahan itu. Komitmen seperti lem yang merekatkan bagian cinta kasih, tanggung jawab, kepercayaan maupun kesetiaan di dalam pernikahan.

24.  Tetap Bertahan dalam Masa Buruk

Seperti janji yang terucap saat hari pernikahan, setia dalam suka mau pun duka, pasangan yang memegang janji akan bertahan dalam kondisi buruk. Tetap setia dan menghargai pasangan tanpa memikirkan untuk menyalahkan atau meninggalkan pasangan.

25.  Menghindari Kata Cerai

Ketika menghadapi masa sulit dan ketidakcocokan di dalam pernikahan. Jangan pernah mengucapkan kata cerai. Hal itu bisa dihindari hanya dengan saling menerima dan memahami kekurangan pasangan. Teguh dalam menjaga komitmen menjauhkan pasangan dari perselisihan.

Ketahui style Anda & pasangan Anda. Temukan yang dapat kami lakukan untuk membantu Anda mengetahui kecenderungan masing-masing sehingga memperoleh pernikahan yang lebih berbahagia.

LEAVE A REPLY